Cara Membuat Tabel MySQL

Cara Membuat Tabel MySQL

Membuat Tabel MySQL - Tabel merupakan pembentuk struktur di dalam database MySQL. Tabel berisi informasi yang dimasukkan ke dalam database, dan biasanya bisa dibuat sesuai dengan penyimpanan data apa pun yang dibutuhkan. Membuat tabel hanya membutuhkan waktu beberapa menit, terutama jika Anda hanya memiliki beberapa entri data yang berbeda untuk disimpan. 

dalam pembuatan tabel mysql, tentunya kita harus berada pada database tertentu. dalam hal ini saya berada di dalam database "idmysql" yang telah kita buat sebelumnya. Cara Membuat Database kali ini kita akan membuat database "mahasiswa" dengan kolom nim (pri), nama mahasiswa, jenis_kelamin, alamat.

Baca Juga : 
  1. Menginput Data Ke Dalam Tabel MySQL
  2. Mengedit Data di Tabel MySQL
  3. Menghapus Data di Tabel MySQL
1. Aktifkan Mysql di Xampp
2. Buka Command Promt dengan Menekan tombol Windows + R pada keyboard, Ketik CMD kemudian OK.
3. Masuk dan aktifkan database anda
 
cd..
cd..
cd xampp
cd mysql
cd bin
mysql -u root
4. Masukkan perintah berikut di Command Promt (cmd)
CREATE TABLE nama_tabel (
nama_kolom1 type_kolom1,
nama_kolom2 type_kolom2,
nama_kolom3 type_kolom3,
dst.......,
primary key (nama_kolom)
);
perintah dibawah untuk membuat kolom / field nim, nama_mahasiswa, jenis_kelamin dan alamat.
dimana NIM adalah Primari Key nya. Pengertian Primary Key dan Contohnya 
 
CREATE TABLE Mahasiswa (
nim varchar (20),
nama_mahasiswa varchar (50),
jenis_kelamin enum ("L","P"),
alamat varchar (50),
primary key (nim)
);
 
Penjelasan : disini saya membuat struktur tabel mahasiswa dengan kolom nim, nama_mahasiswa, jenis_kelamin, dan alamat. pada kolom nim saya menggunakan Primary Key yang artinya tidak boleh ada data nim yang nilainya sama, sedangkan kolom jenis_kelamin menggunakan enum yang artinya  data yang boleh masuk hanya P dan L, selain dari itu, data akan tertolak.

Membuat Tabel MySQL

Setiap entri di dalam tabel disimpan sebagai jenis data tertentu. Ini memungkinkan MySQL untuk berinteraksi dengan data tersebut dengan cara yang berbeda. 

Jenis data yang akan Anda gunakan tergantung pada kebutuhan tabel Anda. Ada banyak jenis tabel yang melebihi ini, tetapi Anda dapat menggunakan ini untuk membuat tabel dasar yang berguna:

INT - Jenis data ini adalah untuk semua bilangan, dan sering digunakan untuk bidang ID / angka.

VARCHAR  - ini adalah jenis data dasar untuk teks dan string. Biasanya Anda akan menentukan batasan untuk jumlah karakter yang disimpan, seperti VARCHAR(30). Anda juga dapat menggunakan VARCHAR untuk menyelang-nyeling ukuran berdasarkan input. Nomor telepon juga harus disimpan dengan menggunakan jenis data ini, karena nomor telepon seringkali berisi simbol-simbol dan tidak berinteraksi dengan angka (tidak ditambahkan, dikurangi).

ENUM - Tipe data ENUM merupakan tipe data yang khusus untuk kolom dimana nilai datanya sudah kita tentukan sebelumnya. Pilihan ini dapat berisi 1 sampai dengan 65,535 pilihan string. Dimana kolom yang didefinisikan sebagai ENUM hanya dapat memilih satu diantara pilihan string yang tersedia.

5. Gunakan perintah dibawah untuk mengecek tabel yang telah dibuat.
SHOW TABLES;
Membuat Tabel MySQL

6. Gunakan perintah  dibawah untuk mengecek struktul/bidang tabel yang telah dibuat.
DESC nama_tabel;
Membuat Tabel MySQL

Sekian artikel Membuat Tabel MySQL, nantikan artikel tentang Basis Data di blog ini.

Jika Kalian menyukai Artikel ini Silahkan Bagikan. Bila ada yang ingin berdiskusi tentang Judul Artikel diatas atau ada pertanyaan yang ingin ditanyakan silahkan menggunakan Fasilitas Komentar dan Fasilitas Contact Form. atau bisa mengirim langsung ke email struktur.mysql@gmail.com.
Previous
Next Post »